Memaksimalkan Whatsapp Link untuk Followup Customer

Kalau anda yang sudah terbiasa “jualan” menggunakan fitur chat di Whatsapp biasanya akan lupa untuk followup Customer yang sudah pernah transaksi, padahal wajib bagi yang ingin repeat order loh. Followup bisa berupa tulisan-tulisan penawaran produk, menanyakan kepuasan pelanggan dan lainnya yang berhubungan menjaga komunikasi dengan pelanggan.

Selain email marketing, whatsapp marketing juga bisa dilakukan loh. Dari database penjualan kita bisa olah kembali untuk digunakan menjaring kembali pelanggan yang sudah pernah transaksi. Berikut cara memaksimalkan Whatsapp link untuk followup customer :

  1. Persiapan :
  2. Langkah-langkah nya :
    • Buka file database pelanggan

      Keterangan :

      • Tambahkan 1 (satu) kolom untuk Whatsapp Link.
      • Kolom No HP pastikan format nomor telpon-nya sudah persis seperti digambar (tanpa xxx).
    • Ganti spasi menjadi %20 pada Kolom Nama. Gunakan Find & Replace ya jangan manual. hihi. Hasilnya seperti gambar dibawah ini.
    • Buat Whatsapp Link menggunakan tools dari Mas Rizal, kalau belum punya akun untuk login silahkan daftarkan dulu disini → Daftar Whatsapp Link Generator. Jika sudah mendaftarkan langsung login dan buat Whatsapp Link nya. Caranya melalui Navigasi Menu > Whatslink > Klik Action Now
    • Akan tampil window baru untuk membuat whatslink. Silahkan salin & tempel copywriting yang sudah disiapkan pada kolom Pesan Text.
      Kalau dilihat pada gambar ada tulisan nama_cust, fungsinya nanti saat olah formula di Ms. Excel jadi lebih mudah. Hasilnya bisa dilihat bagian bawah.
    • Isi kolom Whatsapp Link pada file database customer dengan Whatslink tadi. Dan sedikit formula pada Ms. Excel untuk menyesuaikan dengan data yang ada.

      Beberapa yang harus di sesuaikan dengan formula standar Ms. Excel yaitu seperti gambar diatas.
    • Selanjutnya test link yang sudah disesuaikan pada Ms. Excel. Saran untuk test gunakan browser Chrome.

      Jika anda sudah bisa melihat tampilan seperti diatas artinya anda sudah berhasil membuat Whatslink.
    • Langkah selanjutnya.. Copy dan Paste satu per satu Whatslink yang ada di Ms. Excel tadi ke browser Google Chrome.

Selamat mencoba 😀

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *